Selasa, 20 November 2012

PROFIL LEMBAGA TAHFIDZ QURAN (LTQ) JIILUL QURAN AL-ISLAMY



                                                                   
1. Latar Belakang
Apabila diamati sejarah perjalanan pemeliharaan Al qur'an sejak zaman Nabi hingga sekarang terus berjalan seiring dengan perjalanan dan perkembangan sejarah umat. Tradisi pemeliharaan Al qur'an yang diwariskan Nabi kepada umatnya melalui dua cara yaitu pemeliharaan melalui hafalan (Fisshuduur) dan melalui tulisan (Fissutuur). Pemeliharaan melalui hafalan merupakan landasan utama, adapun melalui tulisan sebagai landasan pendukungya.
Pondok Pesantren (Ponpes) Jiilul Qur’an (JQ) AL-Islamy merupakan sebuah pesantren di Cimahi yang ikut memelihara kemurnian Al qur'an dalam hal hafalan. Ponpes ini didirikan oleh DKM Al-Hidayah Kel. Utama pada Tanggal 1 mei 2012. Keberadaan lembaga ini juga dalam rangka menjawab kekhawatiran semakin langkanya penghafal Al qur'an dan berbagai bidang ilmu konvensional lainnya, khususnya di Indonesia. Dengan sistem Talaqqi/Musyahafah, nilai tambah yang ditampilkan oleh lembaga ini adalah lahirnya para penghafal Al qur'an yang mempunyai kualitas dalam hafalan dan bacaan maupun ilmu lainnya. 

2. Tujuan Pendidikan
Dasar dan tujuan pendidikan yang ada di Jiilul Qur’an Al-Islamy antara lain;
1. Sesuai dengan fungsi Al-Qur’an terhadap orang-orang yang bertaqwa, Jiilul Qur’an Al-Islamy sebagai suatu kelembagaan ingin membentuk dan menjadikan manusia yang muttaqin melalui Al-Qur’an.
2. Berkaitan dengan pemikiran diatas, maka apa yang dilakukan Jiilul Qur’an Al-Islamy  ini adalah semata-mata untuk memenuhi kewajiban sebagai hamba terhadap sesamanya.
3. Di Indonesia belum banyak badan dan lembaga pendidikan Al-Qur’an atau bahkan pesantren dengan kajiannya yang sistematik dan klasikal.
Untuk itu, Jiilul Qur’an Al-Islamy berupaya untuk mengatisipasi hal yang demikian, terutama ditekankan pada isi program pendidikan dan pengajarannya, yaitu Al-Qur’an dan khususnya dari segi qiro'atnya (bacaanya). 

3. Struktur Organisasi

Dewan Pembina                   :   Ust. H Dede Rodin Lc. M. Ag
                                                Ust. Asep Saefulloh S.Sy Al-Hafidz
                                                Ust. Riyanto
Dewan Pengawas                 :   Ust. Abdul Aziz S.pd.I Al-Hafidz
                                                Lysandri Susanto
Ketua                                  :    Ust. Hari efendi Wijaya
Sekertaris                            :    Ust. Asep Suhermin
Bendahara                           :    Ust. Koko Supriyatna

4. Sistem Pendidikan dan Pengajaran
Sistem pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan oleh Ponpes ini adalah berbentuk lembaga yang memasang program Tahfidz Quran sebagai program unggulan. Program pendidikan dan pengajaran Ponpes ini adalah sebagai berikut:
1.      Sistem Pendidikan yang dipakai di Ponpes ini meliputi sistem menghafal, mengingat, dan menyetor. Setiap jadwal belajar mengajar, para santri akan dibekali beberapa ayat al-quran, baik dalam tata cara baca (qiro’at) dan tajwidnya. Hafalan ini selanjutnya akan selalu di muraja’ah dan disetor pada pengajar, dan saat santri sudah hafal dengan lancar, para santri akan dibekali materi/ayat berikutnya.
2.      Setiap santri tidak hanya dibekali hafalan surat Al-Quran. Mereka juga mendapatkan pengontrolan dari para pengurus dan pengajar dari segi ibadah wajib dan sunnah, seperti shaum sunnah, shalat tahajud, dhuha, dll.
3.      Selain dibekali materi hafalan al-quran, selama ini para santri juga dibekali materi bahasa inggris, agar mereka mampu mengamalkan segala ilmu yang didapat di lembaga ini, dibelahan dunia manapun mereka berada.
4.      Setiap santri diberikan 2 stel seragam, Al-Qur’an dan Iqra secara gratis, dan setiap bulannya Ponpes memberikan beasiwa, bagi para santri yang berasal dari keluarga kurang mampu.
5.      Setiap Bulan selalu diadakan evaluasi untuk setiap program, baik program Hafidz Qur’an atau Bahasa Inggris. Evaluasi ini meliputi perkembangan hafalan Quran, dan semua ibadah wajib dan sunnah
6.      Setiap Santri yang berprestasi dalam kategori hafalan terbanyak dan shalat berjamaah terajin serta dari program bahasa inggris di setiap kelasnya, akan diberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan yang diharapkan akan semakin memotivasi para santri untuk tetap semangat dalam pendidikan maupun ibadah wajib dan sunnah.
7.      Semua Evaluasi dicatat dan dirunut dalam sebuah buku Mutaba’ah yang selalu dipegang dan dibawa oleh para santri
8.      Hingga saat ini, Ponpes sudah membuka 4 kelas Tahfidz Qur’an dan 3 kelas Bahasa Inggris, yang diberi nama sebagai berikut :
a.       Untuk program Tahfidz Quran :
1.      Umar Bin Khatab
2.      Abu Bakar As-shidiq
3.      Abdurrahman Bin Auf
4.      Az-Zubair Bin Awwam
b.      Untuk Program bahasa Inggris :
1.      Ustman Bin Affan, untuk interval kelas 4-6 SD
2.      Ali Bin Abi Thalib, untuk interval kelas 1-3 SD
3.      Sa’ad bin Abi Waqas, untuk SMP dan SMA
Dengan jadwal kegiatan belajar mengajar sebagai berikut :
a.       Hari Sabtu s/d Selasa  untuk kelas Tahfidz quran yang dimulai dari ba’da magrib sampai dengan Isya
b.      Hari Rabu dan Jum’at untuk kelas Bahasa Inggris kelompok Ali Bin Abi Thalib dan Ustman Bin Affan yang dimulai dari ba’da magrib sampai dengan Isya
c.       Hari Kamis untuk kelas Bahasa Inggris Kelompok Sa’ad Bin Abi Waqas yang dimulai dari ba’da magrib sampai dengan Isya, dan Minggu sore yang dimulai dari ba’da Ashar sampai dengan maghrib
9.      Dikarenakan pendaftar yang cukup banyak, saat ini kami membuka 1 kelas lagi untuk program Tahfidz Qur’an di Bulan Februari ini yang akan diberi nama kelompok Thalhah Bin Ubaidillah

5. Data Pengajar dan Santri
5.1 Data Pengajar
1. Ust. Heri Mahbub Nugraha Al-hafidz
2. Ust. Fatkhan Al-Hafidz
3. Ust. Subhan
4. Ust. Mulyadi
5. Ust. Raswin

5.2 Data Santri
No
Laki-Laki
Usia

No
Perempuan
Usia
1
Rachman Nur R
12

22
Desya W.Y
15
2
Yoga Pryananda
12

23
Muthia Wardani
12
3
Alvito L. H
10

24
Ayu Riska
10
4
Refli Wahyu P
15

25
Ellen Naya
10
5
Alvian B.
13

26
Ukhtia Nabila
12
6
M. Fahrizal
9

27
Nadia Putri C
9
7
M. Fadil F
11

28
Nabila P
10
8
Lutfian Kamil
14

29
Tiara Aghnia M
10
9
Fahrizal P
8

30
Salsabila Abidah A
5
10
Scendi ALamsyah
14

31
Montana M
12
11
Gani Reksa
12

32
Ratna S.D
11
12
M. Rizal Nurdiansyah
11

33
Alifa Putri Z
8
13
Nazif Luthfi
12

34
Asiska Devian
8
14
Yolanda A. S
11

35
Syahla Nailatun M
7
15
Ikhsan Wibowo
11

36
Putri Dina S
11
16
Ade BAyu Purnama
12


17
Dendi Setiadi
11


18
Sabil Rinjani H
9


19
Gangga Putra S.R
8


20
Aditya Maulana
10


21
Bima Anggara P
9













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar